Mafia Migas


Mafia adalah panggilan kolektif untuk beberapa organisasi rahasia di sisilia dan amerika serikat. Anggota mafia disebut Mafioso yang dalam bahasa Indonesia berarti pria terhormat. Walaupun istilah mafia dulunya hanya ada di amerika namun kini sudah menyebar diseluruh dunia. Hingga mafia dapat merujuk pada kelompok besar apapun yang melakukan kejahatan terorganisir (mafia rusia, yakuza di jepang, triad di china).

Mafia migas adalah kombinasi dari kekuatan perusahaan multinasional, jaringan birokrasi antek imperialism serta politisi nirnatualisme. Mereka tergerak melakukan kaderisasi apik dari hulu ke hilir.
Mafia migas di Indonesia sudah ada sejak zaman orde baru. Mereka diduga beroperasi dengan menjadikan pertamina dan anak-anak usahanya sebagai ladang bisnis empuk untuk memperkaya diri sendiri dan mengutkan kelompok mereka. Mafia migas inilah yang membuat mantan presiden soeharto Berkuasa selama 32 tahun. Saat rezim berganti, mafia migas justru makin menjadi . Erwin , megatakan, di era reformasi mafia migas menggurita paska pemberlakuan undang-undang no 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi.

Kerugian Negara akibat Praktik sindikat mafia migas di Indonesia per tahun minimal sebesar 4,2 miliar dollas AS atau setara rp 37 triliun. Kerugian Negara akibat operasi mafia dalam 10 tahun terakhir sudah menyentuh rp 370 triliun.
Satu dari beberapa cara mafia migas bekerja adalah dengan mempermainkan banyaknya uang subsidi bbm, dan tidak mendirikan kilang pengelolahan tetapi terus impor minyak. Dengan tingginya subsidi bbm maka mafia migas akan dengan mudah mengambil uang subsidi bbm untuk membesarkan perutnya.

Muhammad riza chalid adalah tokoh mafia migas yang sudah dikenal sejak era soeharto. Sepak terjang riza sungguh luar biasa dan sangat ditakuti lawannya baik ddalam maupun diluar negerikarna telah menguasai petral. Selain itu dia juga bekerja sama dengan 5 broker minyak, antara lain supreme energy, orion oil, paramount petro, straits oil dan cosmic petroliumserta virgin island yaitu sebah wilayah bebas pajak.

Faisal mengatakan, mafia tersebut merupakan importer minyak, yang biasa mengimpor minyak Indonesia “kalau data memang susah ya, namanya mafia, tapi semua orang diperminyakanpasti tahu siapa dia. Dia importer minyak, senang kalau Indonesia terus-terusan impor minyak, senang kalau ada subsidi bbm”

Tidak mau tinggal diam dalam menghadapi ulah mafia migas menteri esdm sudirman said mengumumkan pembentukan tim reformasi tata kelola migas di Jakarta, minggu (16/11/2014). Tim yang dikepalai oleh ekonom faisal bakri tersebut akan mulai bekerja pada senin (17/11/2014) ini, selama 6 bulan kedepan.

Tim tersebut memiliki 4 tugas yaitu mengkaji semua proses perizinan, merekomendasi tata ulang kelembagaan, mempercepat revisi uu migas, serta merevisi seluruh proses bisnis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lengkap Tentang Museum Mpu Tantular

Cerpen Sihir

Cerpen Pendidikan - TUHAN JADIKAN AKU JENIUS