Binaural Beats Gamma



Binaural Beats Gamma

Gelombang otak gamma telah tercatat sebagai frekuensi gelombang otak tercepat diantara gelombang otak lainnya. Gelombang Gamma ini dimulai dari sekitar 40 Hz - 70 Hz (meskipun ada juga beberapa orang yang bisa mencapai frekuensi di atas 100 Hz yang disebut dengan Hypergamma). Kondisi ini dikatakan sebagai kondisi yang sangat langka dan terkait dengan kondisi kesadaran yang optimal.

Gelombang otak Gamma lebih kepada adanya rasa kasih sayang dan cinta untuk orang lain, rasa kesadaran spiritual yang baru, pengendalian diri, kebahagiaan, dan kecerdasan yang meningkat. Para peneliti menganggap bahwa gelombang ini adalah gelombang yang terkait dengan keadaan harmonisasi yang menyatukan antara bentuk semua pemikiran otak ke keadaan sinkronisasi gelombang.

Frekuensi Gelombang Otak Gamma

Gelombang otak gamma masih relatif kurang dikenal bagi komunitas ilmiah karena fakta bahwa teknologi saat ini merasa kesulitan untuk merekam frekuensi ini. Dan tidak hanya itu, rata-rata manusia juga hampir merasa tidak pernah mencapai kondisi ini dalam aktivitas mereka sehari-hari.

Untuk dapat merekam gelombang otak Gamma, mereka harus menemukan meditator berpengalaman yang dapat mengaksesnya, atau mencoba untuk mendorong kondisi ini dengan alat seperti binaural beats dan bentuk lain dari terapi gelombang otak.

Pada tahun 2004, seorang peneliti yang dikenal sebagai Richard Davidson seorang neuroscientist, melakukan penelitian pada dua kelompok orang yang berbeda. Mereka adalah seorang Buddha Tibet Monks yang telah menghabiskan waktunya  bertahun-tahun untuk melakukan pelatihan dan bermeditasi setiap hari dan sekelompok yang lain adalah para meditator yang sudah berpengalaman. Setelah melakukan percobaan ini, dia berkata "Apa yang kami temukan adalah bahwa praktisi lama telah menunjukkan aktivasi otak pada skala yang belum pernah kita lihat sebelumnya."

Davidson  yang tertarik untuk mempelajari lebih jauh adanya efek yang dihasilkan dari frekuensi Gamma, dalam temuan terbarunya ketika ia mempelajari tentang meditasi menyatakan bahwa meditasi dapat mengubah kerja dan sirkuit  otak. Ia mengambil temuan neuroplastisitas dalam arah yang baru.

Baik Biarawan dan meditator yang berpengalaman, diminta untuk fokus pada kasih sayang tanpa syarat yang tidak memerlukan fokus pada objek tertentu, kenangan atau pikiran, melainkan keadaan eksistensi.

Davidson menemukan bahwa para bhikkhu yang terlatih, gelombang otaknya akan bertindak dengan cara yang berbeda secara signifikan. Temuan yang paling penting dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya elektroda pada para bhikkhu menunjukkan aktivasi yang lebih besar dari gelombang Gamma yang bergerak cepat dan sangat luar biasa kuat, dan menemukan bahwa adanya pergerakan frekuensi melalui otak yang jauh lebih terorganisir dan terkoordinasi.

Jadi telah terbukti bahwa dengan disiplin dan praktek untuk melakukan meditasi, maka Anda akan jauh lebih mudah untuk mencapai negara-negara ini menjadi lebih tinggi dari resonansi.

Dari pengalaman pribadi saya, saya harus mengatakan bahwa saya tidak percaya bahwa Gamma dapat bekerja dengan baik. Saya telah mencoba berbagai rekaman dari sumber yang berbeda dan tidak ada satupun dari mereka yang tampaknya telah banyak berpengaruh dalam diri saya. Tapi tentu saja rekaman ini dapat mempengaruhi setiap orang dengan cara yang berbeda.

Binaural Beats Gamma pada Frekuensi 40Hz

Seperti kebanyakan orang telah mengatakan kepada saya bahwa mereka tidak bisa merasakan pengaruh dari frekuensi ini. Hanya ada sebuah perubahan dalam fokus dan perspektif yang sangat kecil. Saya berpikir bahwa itu terlalu sulit bagi binaural beats untuk mempengaruhi otak kita untuk mencapai resonansi yang sangat tinggi karena ini bukan kisaran kita yang dapat kita gunakan secara awam sehingga membutuhkan lebih banyak upaya dan pelatihan lagi.

Bagi mereka yang ingin mengalami keadaan kesadaran seperti dalam kisaran Gamma, maka tidak ada jalan pintas untuk mencapai hal ini. Percobaan yang dilakukan oleh Mr Davidson 'telah menunjukkan bahwa “Jika kita tetap gigih dan didedikasikan untuk praktek meditasi kita, maka kita secara efektif akan melatih otak kita setiap hari untuk dapat memasuki kondisi ini lebih banyak dan lebih sering”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lengkap Tentang Museum Mpu Tantular

Cerpen Sihir

Cerpen Pendidikan - TUHAN JADIKAN AKU JENIUS