Tempat tinggal atau domisili menurut KUHPerdata

Tempat tinggal atau domisili adalah tempat dimana seorang memusatkan kediamannya dalam melaksanakan hak dan kewajiban.

Macam-macam domisili :

1.      Domisili yuridis yaitu domisili yang dipakai untuk identitas. Missal : domisili yang dipakai di KTP

2.      Domisili sesungguhnya yaitu tempat seorang melaksanakan hak dan kewajiban dalam perdata pada umumnya. Missal : di KTP A berdomisili di jombang namun A bekerja di malang maka domisili sesungguhnya adalah malang. Dasar hukum di pasal 17 KUHperdata.

Macam-macam domisili sesungguhnya :
A.      Dependent domisili yaitu domisili yang terikat oleh pihak lain. Missal : seorang anak yang tinggal tergantung dimana orang tua anak tersebut tinggal. Dasar hukum di pasal 20-22 KUHPerdata.
B.      Independent domisili yaitu domisili yang tidak tergantung pihak lain. Missal : seorang yang telah dewasa dan tinggal di tempat sesuai keinginannya. Dasar hukum di pasal 17 KUHPerdata.

3.      Domisili pilihan atau choice of domisili yaitu tempat yang digunakan dalam menyelesaikan sengketa. Missal : A tinggal di jombang membeli tanah B di malang namun ternyata tanah milik B adalah tanah illegal sehingga memiliki surat tanah palsu, dalam hal tersebut proses penyelesaian sengketa bisa diselesaikan di malang ataupun jombang tergantung persetujuan kedua belah pihak. Dasar hukum di pasal 24 & 25 KUHPerdata.

Disamping domisili diatas terdapat juga :

1.      Perpindahan domisili yaitu perpindahan tempat tinggal dengan maksud memusatkan pusat kediamannya di tempat tersebut. Dasar hukum di pasal 18 KUHPerdata. Pemberitahuan perpindahan tempat tinggal terdapat di pasal 19 KUHPerdata.

2.      Rumah kematian yaitu tempat tinggal terakhir seorang yang telah meninggal. Rumah kematian diperlukan untuk mengurusi surat kematian. Dasar hukum pasal 23 KUHPerdata.


Komentar

  1. Berdomisili di kota A beraktifitas dan bermalam(kos) diluar domisilinya, apakah dpt mempunyai hak pilih dlm suatu kontes pemilihan Ketua RT/RW.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lengkap Tentang Museum Mpu Tantular

Cerpen Sihir

Cerpen Pendidikan - TUHAN JADIKAN AKU JENIUS